Wednesday, December 2, 2015

Cara membersihkan koin aluminium

Membersihkan koin aluminium
Sebagian kolektor menganggap bahwa kegiatan membersihkan atau mencuci uang kuno baik itu kertas maupun logam tidak disarankan karena merusak segi originalitasnya. Namun sebagian lain justru menganggap bahwa membersihkan uang kuno terutama koin justru dapat meningkatkan harga jual. Semua itu kembali kepada kebutuhan masing-masing.

Beberapa seller mungkin membutuhkan stock koin logam dengan kondisi luster (uncirculated) namun kenyataan di pasaran, ada beberapa jenis koin logam yang ketersediaannya melimpah dalam kondisi tersebut ada yang tidak. Biasanya customer yang membutuhkan koin logam kondisi luster untuk keperluan mahar.

Membersihkan koin aluminium tidaklah semudah membersihkan koin dari logam lainnya misalnya nikel atau tembaga. Salah teknik justru bisa merusak permukaan logam. Untuk itu kali ini saya akan berbagi tips mudah membersihkan sekaligus mengkilapkan koin aluminium.

Pertama, siapkan alat dan bahannya : koin yang akan dibersihkan, sikat gigi lembut, wadah air, air hangat, sabun cuci piring, kain katun lembut, tissue, langsol / batu hijau yang berbentuk krim (bisa dibeli secara online).

Langsol krim / batu hijau
Langkah membersihkan :
  1. Siapkan air hangat tetesi dengan sabun cuci piring, rendam koin kotor (kotor tanah dsb) ke dalamnya
  2. Sikat koin yang sudah direndam dengan sikat gigi lembut (sikat gigi sensitif) untuk menghilangkan kotoran. Sikat secara perlahan.
  3. Keringkan menggunakan kain, lalu oleskan krim langsol dan gosok perlahan menggunakan jari. Kemudian gosok lago menggunakan kain lembut. Langkah ini dapat diulangi 2-3 kali tergantung kondisi logam.
  4. Terakhir, gosok koin menggunakan tissue hingga koin tampak mengkilap sesuai kebutuhan anda.
 
Koin sebelum dibersihkan

Koin setelah dibrsihkan

Catatan : Korosi logam akan sulit dihilangkan menggunakan metode ini, jadi sebaiknya pilih koin logam yang tidak mengalami korosi.

1 comment: