Thursday, December 3, 2015

Uang 500 Monyet Tahun 1991 : Mitos atau fakta?

500 rupiah monyet gelantung
Saya sering kali dapat pertanyaan, "mbak punya uang 500 monyet gelantung?", waktu awal-awal mulai mengoleksi uang kuno. Karena memang saya tidak punya uang tersebut, ya saya jawab saja tidak punya. Ternyata tidak sedikit orang yang menanyakan jenis uang tersebut.
Akhirnya saya pun bertanya pada teman sesama kolektor, dan alhasil saya pun memesan item tersebut. Hanya untuk menjawab rasa penasaran sekaligus bosan harus menjawab "tidak punya" lagi.


Kemudian muncul lagi pertanyaan "asli gak tuh mbak?", waduh karena masih awam saya bilang tidak tahu. Lalu iseng-iseng saya cari tahu dan googling sana sini.

Ketika saya buka katalog uang kuno Indonesia, saya tidak menemukan referensi. Coba browsing di google, ada banyak artikel yang sebagian besar menuliskan bahwa item tersebut tidak pernah di rilis oleh BI. Jadi bisa dibilang uang hayalan atau mitos saja.


Sampai saat ini masih banyak yang mencari uang tersebut, jika ditanya asli atau tidak? Ya jelas gak asli sebenarnya, tapi bahan yang dipakai uang asli. Jadi setengah-setengah lah. Kalau di kalangan kolektor istilahnya uang UKA-UKA. Ehmmm,,,, jadi serem gmana gtu. Hehe... apapun lah itu hanya istilah. Jadi untuk anda penggemar uang uka-uka, jangan tanya lagi ini asli atau enggak yaa....




No comments:

Post a Comment